Rabu, 13 Juni 2012

Cara Mengatasi Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat. Di dunia ini siapa sich yang tidak tahu jerawat. Salah satu penyakit kecil ini meski pun tidak membahayakan ternyata juga bisa membuat orang menjadi stres. Pasalnya penyakit yang timbul karena beberapa masalah kulit wajah ini bisa membuat si penderita tidak percaya diri bahkan takut untuk keluar rumah. Lalu apa sich sebenarnya jerawat itu dan bagaimana cara menghilangkan jerawat?
Jerawat sendiri mengandung artian suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Walau pun terlihat biasa saja namun untuk masalah penyakit kulit ternyata jerawat termasuk penyakit kulit yang banyak penderitanya. Bahkan di dunia ini tidak ada manusia yang sepanjang hidupnya tidak pernah menderita penyakit kulit ini. Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat tersebut?

Untuk menghilangkan jerawat ternyata bisa memakai berbagai cara. Kita bisa menghilangkan jerawat menggunakan cara tradisional, alami atau pun memakai obat. Tentu saja semua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi meski pun begitu saya tidak menyarankan anda untuk asal dalam mengobati jerawat anda. Pasalnya terkadang jika kita salah mengobati bukan jerawat yang hilang malah kulit wajah kita yang menjadi rusak.
Jerawat dapat timbul karena beberapa faktor. Penyebab Jerawat secara umum sebagai berikut:
  1. Produksi minyak yang berlebihan
  2. Sel-sel kulit mati
  3. Bakteri
  4. Kosmetik
  5. Obat-obatan
Dari beberapa penyebab jerawat di atas. Kita bisa mencari juga cara menghilangkan jerawat. Hal ini seperti yang sudah dituliskan di muka tadi bahwa cara mengatasi jerawat dapat dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami/Tradisional

  1. Menghilangkan Jerawat Menggunakan Jeruk Nipis. Cara ini merupakan cara alami yang paling digunakan. Cara menghilangkan jerawat menggunakan jeruk nipis yaitu ambil lemon secukupnya terus diiris tipis dan di blender atau pun di jus. Setelah itu ambil perasan atau air dari lemon tersebut. Jika sudah sari lemon tersebut kita campur dengan air mawar kemudian aduk hingga rata. Jika sudah merata barulah kita oleskan pada wajah terutama pada daerah yang mengandung jerawat. Biarkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin selama kira-kira 2 minggu dan lihat hasilnya.
  2. Cara Menghilangkan Jerawat menggunakan putih telur. Pisahkan antara kuning telur dengan putih telur. Ambil bagian putih telur, kocok dan oleskan pada wajah terutama bagian sekitar jerawat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi minyak di wajah yang bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.
  3. Menghilangkan jerawat menggunkan tomat. Bilah tomat menjadi dua bagian kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih satu jam, jika sudah bilas dengan air hingga bersih. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan komedo hitam pada wajah.
  4. Bawang Putih. Menghilangkan jerawat dengan bawang putih bisa menjadi alternatif. Cara ini terdiri dari dua cara yang dikatakan terbukti efektif untuk menghilangkan jerawat. Cara pertama yaitu ambil bawang putih secukupnya kemudian tumbuk halus dan oleskan pada wajah. Jika sudah diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih. Cara yang kedua adalah makan bawang putih secukupnya setiap hari.
Cara di atas adalah beberapa cara alami dan tradisional dalam mengatasi dan menghilangkan jerawat. Lalu untuk anda yang kurang begitu suka dengan cara alami atau tradisional. Anda juga bisa mencoba menghilangkan jerawat dengan cara medis atau obat-obatan.

Cara/Tips Menghilangkan Jerawat menggunakan Obat

  1. Gunakan pasta gigi dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Pasta gigi yang digunakan di sini adalah pasta gigi yang berbentuk pasta bukan gel. Biar bisa membedakan pakai saja Pepsodent bukan Close Up.
  2. Bersihkan wajah menggunakan sabun yang mengandung pH-Balanced atau sabun Sulfur. Hindari pemakaian sabun biasa atau sabun bayi.
  3. Gunakan Scrub seminggu dua kali.  Hal ini akan lebih baik lagi jika dioleskan Acne Lotions atau Acne Cream pada daerah yang ada jerawatnya.
  4. Jika jerawat sudah mulai hilang maka anda juga bisa menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan Facial. Cara ini cukup efektif untuk mencegah jerawat timbul kembali.
Dua cara menghilangkan jerawat di wajah sudah saya tuliskan di atas. Anda bisa memilih sendiri antara cara menghilangkan jerawat secara alami/tradisional atau cara menghilangkan jerawat menggunakan obat. Biar hasilnya maksimal anda bisa mencoba cara merawat wajah berjerawat di bawah.
Cara Merawat Wajah Berjerawat
  1. Jangan sekali-kali menyentuh atau memencet jerawat yang ada di wajah anda. Memang sich kita akan risih dengan adanya jerawat tersebut. Pengen banget dan gemes rasanya jika tidak segera hilang. Apalagi bagi cowok. Tapi memang inilah cara agar jerawat bisa hilang sempurna.
  2. Usahakan agar wajah selalu bersih. Selalu cuci muka setiap pagi, siang, sore dan malam hari. Lakukan secara rutin.
  3. Hindari pemakaian kosmetik ketika akan beranjak tidur. Hal ini untuk mencegah jerawat timbul lebih banyak.
Bagaimana? Anda sudah putuskan cara mana yang akan anda pakai. Semua cara sah-sah saja dan pastikan bahwa itu membawa dampak positif bagi anda. Jika tidak ada efek atau perubahan apapun anda bisa memakai cara yang lain.
Itulah cara menghilangkan jerawat. Lain kali akan saya sambung lagi dengan beberapa tips kesehatan yang lain. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar